Berbagai Macam Sensor Pada Smartphone Android



Berbagai Macam Sensor Pada Smartphone Android - Smartphone sudah menjadi bagian dalam keseharian hidup kita. Namun tahukah kalian sensor-sensor yang ada pada smartphone yang dapat membantu kita dalam hal melacak ataupun lainnya. Sekarang Lastpedia akan memberikan bahasan tentang Sensor apa aja yang ada pada Smartphone.



1. Accelerometer Sensor 





Accelerometer Sensor Berfungsi untuk mengidentifikasi ketepatan arah sebuah perangkat. Sensor ini diperlukan pada beberapa game seperti Asphalt, Raging Thunder, dll. Yang mana berkat adanya sensor ini kita cukup memiringkan handphone saat kita mau belok kanan atau kiri.

2. Gyroscope Sensor 

Berfungsi untuk mendeteksi sudut kemiringan dan mengukur kecepatan sudut yang umumnya diperlukan dalam navigasi. Gyro Sensor agak mirip dengan Accelerometer Sensor. Yang membedakan yakni Accelerometer dipengaruhi oleh gravitasi, sementara itu Gyro Sensor tidak dipengaruhi oleh gravitasi.

3. Ambient Light Sensor

Berfungsi untuk mendeteksi intensitas cahaya / kuat penerangan di sekitar smartphone. Berperan dalam perubahan Brightness/kecerahan layar. Berkat sensor ini jika kalian ada di luar rumah dibawah sinar matahari, maka otomatis layar akan meningkatkan brightnessnya full supaya layar tetep keliatan sama agan, Jika kalian didalam rumah/di malam hari atau didalam lemari, maka layar akan menurunkan brightnessnya agar lebih hemat daya dan tidak menyilaukan mata.

4. Orientation Sensor

Sensor ini berfungsi untuk mengetahui orientasi ponsel dan mendeteksi posisi dari smartphone apakah dalam mode landscape atau portrait. Sensor ini digunakan untuk rotate layar secara otomatis.

5. Proximity Sensor 


Berfungsi untuk mendeteksi keberadaan suatu objek tanpa kontak fisik dalam jarak tertentu. Sensor ini berperan ketika saat ada panggilan. Mungkin kalian pernah ketika nelpon layarnya mati sendiri? Ya, itulah kerja Proximity Sensor. Ketika menelpon, tentu Smartphone Android kita akan kita tempel ke telinga dan saat itu juga sensor in bekerja.

6. Compass Sensor


Berfungsi untuk menentukan arah mata angin. maka kalian tidak perlu khawatir akan tersesat di perjalanan, hutan, atau daerah lainnya.

7. Magnetometer Sensor


Berfungsi untuk mendeteksi adanya medan magnet dan mengukur besarnya intensitas medan magnetik di sekitar Smartphone. Dengan adanya sensor ini, kalian bisa mengetahui benda manakah yang memancarkan medan magnet kuat, lemah, atau tidak.
 
8. Sound Sensor


Berfungsi untuk mengukur taraf intensitas / kadar bunyi di sekitar smartphone. Bermanfaat ketika sedang menelepon atau menerima panggilan di tempat yang bising / ramai, karena sensor ini akan mengukur tingkat bunyi atau kebisingan disekitarnya lalu menyesuaikan volume dari speaker atau mic.

9. Barometer Sensor

Berfungsi untuk mengukur tekanan udara. Sensor ini diperlukan dalam navigasi, misal kalian berpetualang ke daerah tertentu, maka dengan sensor ini, kalian bisa mengetahui tekanan udara di daerah yang agan kunjungi. Sensor ini juga dapat memperkirakan cuaca apakah akan/sedang baik atau buruk.

10. Temperature Sensor


Sesuai dengan namanya, sensor ini berfungsi untuk mengukur suhu temperatur smartphone. nah berkat sensor ini kalian jadi tau kalau hp kalian udah kepanasan dan istirahat. Biasanya panas ini ditimbulkan oleh baterai ponsel karena aktifitas gadget yang berlebihan, misal mencharge sambil memain game atau berinternet ria. Pada beberapa gadget tertentu, sensor ini juga bisa mendeteksi suhu lingkungan sekitar.

Sekian bahasan Tentang Berbagai Macam Sensor Pada Smartphone Android dari Lastpedia. Semoga bermanfaat dan silahkan kritik dan sarannya.

Baca juga :

5 comments for "Berbagai Macam Sensor Pada Smartphone Android"

  1. Setelah baca ini ane jadi tau gan tentang berbagai macam sensor yang ada pada smartphone. Jadi nambah ilmu. Makasih gan infonya :)

    ReplyDelete
  2. saya baru tau kalau HP ada sensornya gan, artikel nya sangat bermanfaat gan buat pengetahuan, lanjtkan (y)

    ReplyDelete
  3. nice gan infonya sangat bermnfaat banget

    ReplyDelete
  4. jadi tau dikit. tentang sparepart hp hal sepele gini bs jadi duit hhe...

    by dedi mitsubishi

    ReplyDelete
  5. keren nih, baru ane tau kalo sebanyak itu sensor di smartphone. keren gan lanjutkan

    ReplyDelete

Post a Comment